3 Report Analytics Yang Sebaiknya Dipakai Content Marketer

by : Haekal


Posted on April 21, 2017 18:00 PM
Bagikan melalui :


Saat Anda bisa memanfaatkan data Google Analytics dengan beragam cara, Anda perlu tahu bahwa ada tiga langkah singkat yang akan sangat berguna untuk membangun report sebuah project content marketing – traffic, traffic dari organic search, dan konversi.

Sekali kita paham apa maksud data tertentu dan bagaimana melacaknya, maka kita bisa meramu bermacam insights untuk menggali peluang-peluang di web berbasis konten yang kita miliki. Selain itu kita juga bisa mendulang lebih banyak traffic, dan yang lebih penting lagi, berbuat ‘lebih’ dengan traffic yang kita miliki.

TRAFFIC

Kenapa report ini berguna :

Report traffic (mengacu pada Pages report di Google Analytics) memperlihatkan halaman mana di website Anda yang menghasilkan traffic terbanyak. Normalnya, report ini juga menampilkan pengukuran time on site dan bounce rate.

Bagaimana menemukannya di Google Analytics:

Klik Behavior > Site Content > All Pages.

Untuk memperlebar list halaman, ganti jumlah baris yang ditampilkan dengan meng-klik “Show Rows” pada kanan bawah layar.

Jangan lupa untuk memastikan periode laporan. Kami biasanya melihat volume pencarian dari 4 bulan,  6bulan, atau 1 tahun ke belakang. 


 

Bagaimana menindaklanjuti data ini :

List halaman-halaman ini merupakan tambang emas! Karena banyak orang datang ke website Anda melalui halaman-halaman tersebut. Maka review list ini secara regular. Ingat, sebuah halaman yang mendapatkan banyak traffic tidak semerta-merta adalah halaman yang efektif. Itulah mengapa Anda sebaiknya mereview halaman-halaman pendulang traffic untuk:

  • Memastikan kalau halaman tersebut baik untuk brand Anda. Apakah sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan, sesuai dengan kondisi terkini, dan memiliki call to action yang jelas?
  • Mencantum link terbaik Anda. Karena halaman ber-traffic tinggi mendatangkan banyak pengunjung, pastikan Anda menyertakan link yang relevan untuk menggiringnya kehalaman atau postingan yang efektif melakukan konversi.
  • Lihat apa yang dilakukan pengunjung. Apakah mereka berlama-lama di halaman tersebut? Apakah mereka terpikat atau pindah ke halaman lain di website?

Traffic dari organic search

Kenapa report ini berguna :

Tidak hanya sekedar ingin tahu halaman mana saja yang mendulang traffic tinggi, tapi report ini juga berguna untuk memahami halaman mana saja yang popular di mesin pencari. Jika sebuah halaman mendapat banyak traffic dari pencarian, maka penting untuk lebih sensitive saat akan melakukan perubahan di halaman tersebut. Misalnya, Anda tidak akan merevisinya karena akan mempengaruhi peringkat Google halaman itu secara signifikan.

Bagaimana menemukannya di Google Analytics:

Klik Acquisition > All Traffic > Channels. Anda akan melihat list channel-channel yang mendatangkan traffic ke website Anda. 
 
 

 

Klik Organic Search dan kemudian Landing Page (dibawah Default Channel Grouping

 

Untuk menemukan traffic dari sebuah halaman yang spesifik, seperti posting blog, cari dengan meng-copy semua non-primary URL, kemudian paste di kotak search. Anda akan bisa melihat efek traffic organic search di halaman tersebut dengan melihat angka sessions-nya sebagai mana juga persentase dari traffic yang bersumber dari search.

Bagaimana menindaklanjuti data ini :

Ada dua hal yang bisa dipertimbangkan dengan halaman yang mendapatkan banyak traffic dari search. Pertama, berhati-hatilah saat akan melakukan perubahan.  Pahamilah kalau halaman-halaman ini biasanya memiliki ranking baik di Google. Kami tidak sedang menyarankan Anda untuk tidak mengubah sama sekali, tapi perlakukanlah halaman itu dengan lebih hati-hati dan monitor secara berkala bagaimana performanya setelah Anda melakukan perubahan.
 

KONVERSI

Kenapa report ini berguna :

Di kebanyakan program content marketing, konversi adalah metriks yang begitu penting. Mereka adalah actions yang visitor lakukan saat mereka berkenjung ke website Anda.  Apa Anda menginginkan mereka untuk mendaftarkan alamat email? Mengunduh sesuatu? Atau menghadiri sebuah event?

Bagaimana menemukannya di Google Analytics:

Anda bisa mendapatkan data ini dengan melakukan pekerjaan yang agak manual. Pertama, Anda perlu menentukan goal. Untuk melakukannya Anda bisa menyimak video berjudul ‘How to Set Up Goals in Google Analytics’ berikut ini.


 

Kalau goal sudah ditentukan, Anda bisa melacaknya di Conversion > Goals > Overview. Pilihannya, Anda bisa melihat keseluruhan goal atau Anda bisa melihat halaman mana yang mengkonversi goal tertentu.

Bagaimana menindaklanjuti data ini :

Saat angka-angka konversi yang ditampilkan bisa bermanfaat, coba lakukan hal yang lebih bermanfaat lagi: membagi angka konversi dengan total page views. Angka ini adalah persentase dari konversi Anda.

Semakin tinggi persentase konversi halaman tertentu, semakin tinggi pula kemungkinan halaman tersebut melakukan konversi. Halaman inilah yang sebaiknya Anda prioritaskan jika ingin di-share atau di-promote.

Saat halaman jagoan konversi berhasil Anda temukan, selanjutnya: Optimisasi halaman-halaman tersebut sehingga akan lebih sering muncul di mesin pencarian, dorong juga melalui social media, link-kan halaman ini dengan halaman-halaman lainnya yang ber-traffic tinggi.

 

Itulah beberapa cara bagaimana data Google Analytics bisa dimanfaatkan. Selamat mencoba!