5 Tren Content Marketing yang Perlu Diperhatikan di 2017

by : Junior Respati Eka Putro


Posted on November 25, 2016 14:20 PM
Bagikan melalui :


Beberapa tahun terakhir, content marketing kian menjadi idaman para pelaku dunia pemasaran. Konon, karena teknik ini bisa membuat investasi menjadi lebih efektif dan efisien. Bila Anda tertarik untuk terjun ke dalamnya, jangan sampai luput mengikuti tren yang geraknya sangat cepat.

Ini serius! Dalam content marketing, selalu saja ada tren baru yang muncul setiap tahunnya. Biasanya, pemunculannya diakibatkan oleh teknologi yang berkembang cepat dan melahirkan cara baru dalam berkomunikasi.

Pun halnya yang terjadi tahun ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila Anda ingin selamat mengarungi lautan content marketing. Berikut ini adalah beberapa di antaranya!

 

Purpose Based Content

Prinsip dasar membuat konten tidak pernah berubah. Selalu sajikan konten yang berkiblat pada audiens.

Hal ini tidak bisa dilakukan bila kita tidak mengenal audiens kita. Untuk itu, menentukan sosok audiens persona mutlak dilakukan. Semakin tajam audiens persona yang kita tentukan, semakin mudah kita mencari tahu hal-hal yang bernilai bagi audiens yang disasar.

Setelah itu, mulailah mencari hal-hal yang punya value tinggi bagi audiens, dan sesuai dengan tujuan brand Anda. Ajukan itu sebagai ide utama dalam membuat konten. Saat keduanya berjalan beriringan, Anda akan terkejut melihat pengaruh konten Anda terhadap audiens.

 

Owned Media

Hampir semua brand membangun owned media-nya. Entah itu bentuknya web, atau sekadar mengoptimalkan kehadiran mereka di berbagai sosial platform.

Ini bisa jadi langkah yang brilian. Namun, jangan lupakan bahwa media sejatinya perlu konten yang berkualitas. Yang bisa meyakinkan dan membuat audiens betah berlama-lama ada di owned media Anda.

Untuk itu diperlukan perencanaan dan penanganan khusus. Perlu ada satu tim yang didedikasikan untuk mengelola konten di owned media Anda. Sehingga, owned media yang Anda miliki selalu menjadi landing page yang memikat hati audiens.

 

Going Live

Lagi-lagi perkembangan teknologi membuat perubahan besar di cara kita bermain content marketing. Banyaknya fitur baru yang dikembangkan oleh media sosial seperti facebook dan Instagram, dan kelahiran banyak aplikasi baru yang senada, membuat ruang dan waktu tidak lagi menjadi batasan dalam menyajikan konten.

Saat ini, semua sudah bisa menyajikan konten secara live dengan harga yang terjangkau. Untuk itu diperlukan terobosan dan perencanaan yang pas, agar Anda dapat menunggangi tren ini.

 

Modern  Storytelling

Tidak akan ada yang memungkiri, bahwa cerita adalah aspek terpenting dalam sebuah konten. Kekuatan sebuah cerita, selalu jadi senjata utama dalam memikat perhatian audiens.

Perkembangan teknologi membuat cerita bisa disajikan dengan cara yang modern. Menggunakan virtual reality misalnya.

Teknologi juga membuat distribusi cerita jadi lebih modern. Karena, selain sampai ke audiens yang tepat, efektivitas cerita itu jadi lebih terukur. Tentu saja diperlukan alat yang tepat untuk mengetahui performanya.

 

ROI Game

Saat melakukan content marketing, Anda sebenarnya sudah melakukan sebuah investasi. Hanya saja, kadang kita sulit menghitung keberhasilan investasi yang sudah ditanam.

Untuk itu, kita memang perlu sedikit bermain-main dengan hal ini. Saat menjalankan sebuah rencana, selalu tentukan target yang ingin dituju. Buatlah target sejelas mungkin, untuk diturunkan menjadi barisan KPI yang sedianya dicapai dalam kurun waktu tertentu.

Saat semua KPI tercapai, Anda bisa mengatakan bahwa investasi Anda berhasil. Tapi jangan lupa, selalu sesuaikan KPI dengan tujuan perusahaan Anda. Sehingga kegiatan pemasaran yang Anda lakukan benar-benar bisa sejalan dengan target perusahaan.

Demikianlah tren content marketing yang perlu diperhatikan di tahun 2017. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.