Memilih Keyword Tepat, Biar Banyak yang Membaca Tulisan Keren Kita

by : Dede Ayu


Posted on April 11, 2017 18:00 PM
Bagikan melalui :


Suka menulis? Ingin tulisan itu dibaca banyak orang? Jangan lupa, masukkan keyword dalam tulisan. Pilih keyword yang tepat agar makin banyak pengunjung internet yang tergoda membacanya.

Menulis itu menyenangkan. Semakin menyenangkan, sebab, berkat internet, dalam sekejap tulisan kita dapat menyebar ke mana-mana. Apalagi kalau kita bisa memilih keyword yang tepat. Bukan mustahil tulisan kita jadi viral, lho. Lewat tulisan, kita bisa mengekspresikan perasaan dan mengeluarkan aneka ide. Tidak perlu capek mengoceh. Lewat tulisan juga, kita bisa menginspirasi orang lain.

Bahkan, tulisan bisa menggerakkan orang-orang untuk melakukan sesuatu. Anda mungkin pernah dengar soal kitabisa.com, dong? Atau mungkin pernah mendapat e-mail permintaan “tanda tangan” untuk petisi-petisi di change.org serta website sejenisnya? Nah, itu contoh bagaimana tulisan bisa menggerakkan orang. Lebih dari itu, lewat tulisan kita pun mampu menghasilkan uang dan memperoleh berbagai kesempatan. Misalnya saja jadi travel blogger atau food blogger.

Well, apa pun tujuan Anda menulis, yang pasti ketika tulisan itu dibaca orang lain, rasanya pasti senang sekali. Apalagi kalau dibaca sampai ratusan bahkan ribuan orang. Wah! Riangnya seperti tak habis-habis. Tapi, untuk membuat tulisan yang banyak dibaca orang, tentu tidak mudah. Bukan cuma harus mempelajari teknik menulis yang ciamik (dari mulai milih topik, angle, gaya bahasa, sampai membuat alur yang menarik), tapi kita juga harus mengerti tentang teknik SEO (Search Engine Optimization). Paling tidak kita bisa memilih keyword yang pas untuk tulisan kita.

Nah, sebelum mengulik bagaimana memilih keyword untuk tulisan, lebih baik kita samakan dulu persepsi tentang keyword. Apa itu keyword? Pengertian keyword dalam SEO adalah kata-kata/frase yang dituliskan oleh pengunjung internet pada kotak situs mesin pencari. Begitulah definisi sederhananya.

Tujuan penulisan keyword itu bisa dilihat dari dua sisi. Pertama, sisi pengunjung dan kedua, sisi penulis.

Dari sisi pengunjung/ pengguna mesin pencari, sudah pasti ingin menemukan informasi yang diharapkan. Sementara dari sisi si penulis, jelas, supaya tulisannya dapat terindeks dengan baik oleh mesin pencari. Dengan begitu diharapkan bisa “menggoda” pengunjung internet untuk melihat/membaca tulisan tersebut.

Semakin pintar kita memilih keyword yang bagus, maka peluang tulisan kita dibaca oleh sebanyak-banyaknya orang juga semakin besar. Soalnya, sebuah mesin pencari akan mencari keyword-keyword dalam blog atau posting-an di website untuk dimasukkan ke dalam database mereka. Selepas itu, disampaikanlah keyword itu sebagai anjuran kepada pengguna mesin pencari.  Kalau antara pengguna mesin pencari dan tulisan keyword-nya cocok, target pengunjung dan penulis jadi terpenuhi.

Lantas, bagaimana memilih keyword yang bagus untuk tulisan? Sederhana kok.

Yang pertama, kita harus memperhatikan situasi kompetisi dan jumlah pencarian bulanan. Usahakan memilih keyword yang persaingannya tidak terlalu tinggi, tapi banyak dicari orang.

Khusus untuk blog atau website yang masih baru, coba memperbanyak variasi keyword yang panjang (yang terdiri dari lima kata atau lebih). Pasalnya keyword pendek (yang terdiri dari dua atau tiga kata) dan banyak dicari orang, umumnya sudah jadi jatah blog atau website yang sudah punya reputasi besar (biasanya yang umurnya sudah lama dan punya backlink dalam jumlah yang luar biasa banyak).

Kalau masih bingung mencari kata-kata/frasenya, coba saja membuat riset keyword dulu. Untuk itu, ada beberapa tools gratis yang bisa kita pergunakan. Ada Google Search Box, Google Search Result, Google Related Search, Google Trends, Google Keyword Planner, dan Google Autocomplete. Atau bisa juga mencoba Ubersuggest dan Keyword Tool.

Caranya gampang, ketik saja di kotak situs mesin pencari satu atau dua kata yang berhubungan dengan tulisan kita. Nanti dengan sendirinya akan keluar keyword-keyword yang paling banyak dicari.

Kita bisa menggunakan salah satu keyword tersebut. Atau gunakan keyword itu dengan sedikit modifikasi supaya benar-benar pas dengan isi tulisan.

Selanjutnya, tinggal letakkan keyword yang sudah dipilih di judul, lead (paragraf pertama), dan bodytext. Saat meng-upload tulisan, jangan lupa masukkan juga keyword-nya di meta description, meta tag, meta keyword, dan meta image.

Gampang kan? Selamat mencoba!