BLOG

Kampanye Pilpres Lebih Paten dengan Pemasaran Konten

by : Vaksiandra Nuryadi


Posted on October 12, 2018 12:00 PM



Bendera start masa kampanye sudah dikibarkan. Dua kubu calon presiden dan wakil presiden, khususnya tim juru kampanye alias tim sukses sudah saling buka suara, berdebat kuat, adu mulut berseteru seru.

Media sosial memanas, mengemas trending topic soal politik. Terus tiada henti, saling berganti. Segala bentuk konten dijadikan senjata paten. Niatnya bukan bikin pencerahan masyarakat yang kian Lanjutkan membaca...


Mari Menimbang Strategi Kanal Distribusi Konten B2B

by : Eddy Suhardy


Posted on September 30, 2018 09:00 AM



Ada banyak pilihan menjangkau target audiens dalam B2B. Menggunakan kanal distribusi konten di owned atau paid media? Tulisan ini mengajak Anda untuk menimbangnya.

Nah, kita bicara soal content marketing untuk B2B lagi nih.  Sudah baca soal B2B di tulisan sebelumnya? Kalau belum, Anda boleh membacanya di sini. Tetapi kalau mau terus lanjut, ya Lanjutkan membaca...


5 Cara Gampang Lakukan Benchmarking Website Kompetitor

by : Sigit Wibisono


Posted on September 28, 2018 14:00 PM



Punya brand website yang muncul di halaman pertama di hasil pencarian Google pasti menyenangkan. Ya, tentu hal ini berkait dengan penggunaan keyword yang relevan dengan bisnis kita. Masalahnya, untuk mencapai hal itu caranya tidaklah mudah. Betulkah?

Para pakar yang mengaku ahli search engine optimization (SEO) punya banyak cara untuk itu. Dalam hubungannya dengan content marketing  salah satu cara gampang adalah melakukan benchmarking.
Lanjutkan membaca...


Manchester United, Klub Sepakbola atau Media Global Terbesar?

by : Junior Respati Eka Putro


Posted on September 26, 2018 16:00 PM



Pertanyaan ini mendadak muncul di benak saya, saat menyaksikan pertandingan Manchester United vs. Young Boys tanggal 20 September 2018 silam. Waktu itu, saya sempat bingung, mau menyaksikan pertandingan kurang bergengsi ini dimana? Beruntung ada MUTV yang menyiarkan semua pertandingan yang dimainkan Man Utd.

MUTV channel memang bukan barang baru. Beberapa tahun terakhir, klub Setan Merah-nya Inggris ini memang mencoba mengembangkan pendapatan baru berbasis jutaan penggemarnya di seluruh penjuru Lanjutkan membaca...


Asian Games 2018, Energy of Content Marketing

by : Vaksiandra Nuryadi


Posted on September 04, 2018 10:00 AM



Media Tiongkok, South China Morning Post, belum pula upacara penutupan Asian Games 2018 dimulai, sudah menyatakan kekaguman atas konsep kreatif pesta olahraga terakbar se-benua Asia ini. Tulis media ini, Tokyo (Olimpiade 2020) dan Hangzhou (Asian Games 2022) harus melakukan persiapan selama empat tahun untuk menghasilkan konsep kreatif dan artistik yang khas negaranya agar sekelas Asian Games 2018 di Indonesia.

Di akhir artikel, media ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jakarta, dan mengakui Indonesia tak diragukan bisa jadi penggelar Olimpiade 2032.
Lanjutkan membaca...


Ingin Lakukan B2B Content Marketing? Perhatikan 5 Hal Ini!

by : Eddy Suhardy


Posted on August 30, 2018 09:00 AM



Pertanyaan yang sering mampir ke tempat kami isinya begini: kayaknya content marketing untuk B2B itu lebih susah deh. Bagaimana caranya sih? Ada 5 hal saja yang harus diperhatikan?

Well, susah atau gampang, menurut kami sih relatif. Tetapi sebaiknya mari kita dekati saja dengan logika atas proses yang biasa dilakukan untuk content marketing B2C.
Lanjutkan membaca...


Wiro Sableng 212, Pendekar Marketing Kelas Dunia

by : Junior Respati Eka Putro


Posted on August 29, 2018 15:00 PM



Jangan remehkan Wiro Sableng. Pendekar 212 ini punya jurus sekelas superhero dunia.

Sama seperti generasi 90-an lainnya, Wiro Sableng adalah salah satu tokoh mewarnai kehidupan saya saat beranjak remaja. Saat masih bercelana biru selutut, di tas sekolah saya selalu terselip satu atau Lanjutkan membaca...


Cara Mudah Mengukur Keberhasilan Konten

by : Grid


Posted on August 21, 2018 15:00 PM



Salah satu hal indah dalam dunia digital adalah: semua serba bisa diukur. Termasuk soal keberhasilan konten. Apa tolok ukurnya? Mari segarkan kembali ingatan Anda.

Roh dalam content marketing sudah pasti terletak di konten. Konten, bentuknya bisa macam-macam. Artikel, foto, infografis, hingga video. Bila kontennya bekerja dengan bagus, maka audiens akan melongok Lanjutkan membaca...


Data Itu Penting, Tapi 70% Marketer Masih Mengabaikan

by : Grid


Posted on August 09, 2018 16:00 PM



Di platform media digital, seluruh media terhubung. Data aktivitas dengan segala kebiasaannya pun terekam dan transparan. Anda tak boleh mengabaikannya. Karena data itu Penting.

Sekarang ini, siapa pun, dapat mengakses data yang diperlukan untuk melihat performa aktivitas content marketing yang Anda lakukan. Sebagai pengelola owned media,  Anda memang bisa melihat Lanjutkan membaca...


Pentingnya Benchmarking Industri dalam Content Marketing

by : Sigit Wibisono


Posted on July 31, 2018 15:00 PM



Melakukan benchmarking itu penting. Tujuannya agar kita bisa mengukur, sudah di level mana upaya content marketing yang kita implementasikan.

Tulisan ini ada awal dari sebuah serial yang akan kami buat. Isinya terkait dengan teknik benchmarking industri dalam implementasi content marketing.
Lanjutkan membaca...



Top