BLOG

Cara Mudah Mengukur Keberhasilan Konten

by : Grid


Posted on August 21, 2018 15:00 PM



Salah satu hal indah dalam dunia digital adalah: semua serba bisa diukur. Termasuk soal keberhasilan konten. Apa tolok ukurnya? Mari segarkan kembali ingatan Anda.

Roh dalam content marketing sudah pasti terletak di konten. Konten, bentuknya bisa macam-macam. Artikel, foto, infografis, hingga video. Bila kontennya bekerja dengan bagus, maka audiens akan melongok Lanjutkan membaca...


Data Itu Penting, Tapi 70% Marketer Masih Mengabaikan

by : Grid


Posted on August 09, 2018 16:00 PM



Di platform media digital, seluruh media terhubung. Data aktivitas dengan segala kebiasaannya pun terekam dan transparan. Anda tak boleh mengabaikannya. Karena data itu Penting.

Sekarang ini, siapa pun, dapat mengakses data yang diperlukan untuk melihat performa aktivitas content marketing yang Anda lakukan. Sebagai pengelola owned media,  Anda memang bisa melihat Lanjutkan membaca...


Pentingnya Benchmarking Industri dalam Content Marketing

by : Sigit Wibisono


Posted on July 31, 2018 15:00 PM



Melakukan benchmarking itu penting. Tujuannya agar kita bisa mengukur, sudah di level mana upaya content marketing yang kita implementasikan.

Tulisan ini ada awal dari sebuah serial yang akan kami buat. Isinya terkait dengan teknik benchmarking industri dalam implementasi content marketing.
Lanjutkan membaca...


Sudahkah Konten Video Anda Optimal?

by : Grid


Posted on July 25, 2018 11:00 AM



Semua orang bisa membuat konten video. Tetapi tidak semua konten menarik perhatian. Salah satu kriteria keberhasilan konten video – dan bahkan konten apa pun -- adalah: audiens mau melihat dan lalu menikmatinya.

Potensi orang-orang yang menonton video memang besar. Survei Grid Story Factory pada Februari 2018 menunjukkan setidaknya 93,7% masyarakat Indonesia menonton video setiap hari di internet. Jumlah ini Lanjutkan membaca...


Apa Pentingnya Rencana Editorial?

by : Grid


Posted on July 20, 2018 19:00 PM



Apa muara dari semua strategi content marketing yang sudah atau akan kita jalankan? Informasi yang sudah diunggah di laman internet dan media sosial harus sampai ke target pembaca yang kita inginkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, informasi tentunya tidak bisa dikelola secara serampangan. Asal tulis, asal unggah, tanpa sebuah perencanaan editorial.

Di era digital, di mana informasi bisa datang dalam beragam format dan sumber yang makin beragam, perencanaan yang baik sejak awal menjadi kunci dalam memenangkan persaingan. Perencanaan editorial ada Lanjutkan membaca...


Berkah Piala Dunia: Making or Taking Siapkan Content Plan

by : Eddy Suhardy


Posted on July 11, 2018 11:00 AM



Apa highlight menarik dari Piala Dunia 2018? Salah satunya tentang Neymar Junior. Aneka meme tentang diving pesepakbola Brasil itu mendadak viral usai laga Tim Samba versus Meksiko pada pertandingan Senin 2 Juli. Dan eh, ada brand yang menangguk berkah dari kejadian ini.

Neymar jatuh selepas mendapat ganjalan yang tak begitu keras dari seorang pemain Meksiko. Ia lalu mengerang dan berguling-guling. Bukan hanya dua-tiga gulingan, tapi berkali-kali.  Aksi yang Lanjutkan membaca...


Bermain Content Marketing Ala Deadpool

by : Junior Respati Eka Putro


Posted on June 07, 2018 14:00 PM



Selain berbahaya di medan perang, superhero berkostum merah hitam ini juga ahli bermain content marketing.

Deadpool adalah seorang marketer andal!
Lanjutkan membaca...


Jangan Abaikan 4 Hal ini dalam Membangun SEO

by : Grid


Posted on May 28, 2018 14:00 PM



Untuk jangka panjang, membangun SEO untuk optimasi website supaya informasinya mudah ditemukan pada mesin pencari sangat penting. Mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, serta media sosial memang menjadi sumber datangnya pengunjung ke sebuah website yang dikelola dengan baik.

Informasi yang diunggah ke dalam website padahal sudah menarik, inspiratif buat netizen, sayang sekali kalau tidak mudah ditemukan, bukan?
Lanjutkan membaca...


Xiaomi Mengisi Komunitas, Kini Komunitas “Mengisi” Xiaomi

by : Vaksiandra Nuryadi


Posted on May 07, 2018 16:00 PM



Xiaomi sebenarnya boleh dibilang anak bawang, baru lahir kemarin sore. Tahun 2013 memulai produksi smartphone, dan waktu itu tak punya budget besar untuk promosi. Di antara nama-nama seperti Samsung, Apple, Asus, Sony, LG, jelas Xiaomi tak ada apa-apanya. Bahkan ketika merilis seri Xiaomi Redmi, tak sedikit pun ada proses marketing layaknya sebuah produsen merilis produk untuk pertama kalinya di dunia.

Bandingkan dengan Oppo atau vivo. Bahkan vivo belakangan menggelontorkan miliaran dolar agar bisa menjadi sponsor resmi ajang Piala Dunia 2018 Rusia. Oppo menggaet para pesohor menjadi duta produk Lanjutkan membaca...


Ruang Alam Bernama Eiger Adventure

by : Vaksiandra Nuryadi


Posted on April 18, 2018 17:00 PM



Ada dua nama yang layak dicatat sebagai pionir penyediaan perlengkapan pendakian gunung orisinal Indonesia. Yang pertama adalah Jayagiri. Brand sohor yang namanya gampang diingat, lahir dari tangan Dody Kasoem pada awal ’80-an. Nama Jayagiri pas dan identik dengan dunia daki-mendaki lalu tersebar dari mulut ke mulut.

Pendaki-pendaki local bangga memanggulnya. Maklum, selain desainnya ok punya, harganya pun pas kantung. Apalagi begitu sulit mendapatkan ransel buatan luarnegeri, kala itu.
Lanjutkan membaca...



Top