Apa Pentingnya Rencana Editorial?

by : Grid


Posted on July 20, 2018 19:00 PM
Bagikan melalui :


Apa muara dari semua strategi content marketing yang sudah atau akan kita jalankan? Informasi yang sudah diunggah di laman internet dan media sosial harus sampai ke target pembaca yang kita inginkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, informasi tentunya tidak bisa dikelola secara serampangan. Asal tulis, asal unggah, tanpa sebuah perencanaan editorial.

Di era digital, di mana informasi bisa datang dalam beragam format dan sumber yang makin beragam, perencanaan yang baik sejak awal menjadi kunci dalam memenangkan persaingan. Perencanaan editorial ada di titik-titik awal dari proses dan strategi content marketing tersebut. Inilah yang membuat proses perencanaan editorial penting.

Di perencanaan editorial inilah mulai diidentifikasi siapa target pembaca kita. Personifikasi target pembaca yang tepat diperlukan supaya kita dapat mengemas informasi yang akan disajikan dalam format yang pas. Misal, seperti apa cara bertuturnya, juga gaya bahasa yang sebaiknya digunakan. Proses di tahap ini juga menentukan saluran distribusi apa yang mesti dipilih sebagai prioritas untuk mencapai target audien yang optimal.

Dalam identifikasi audiens, bagian produksi konten tidak bisa bekerja sendirian. Diperlukan adanya masukan data akurat dari bagian analis, penjualan, dan juga pemasaran. Semuanya harus sejalan. Bagian pemasaran inilah yang paling tahu, apa yang menjadi sasaran dan strategi besar organisasi di mana dalamnya termasuk strategi content marketing tersebut.

Setelah tahu siapa yang menjadi audiensnya, baru bisa ditentukan isu-isu apa relevan. Isu-isu tersebut kemudian dijabarkan dalam sebuah perencanaan konten yang berisi tema-tema dengan rincian yang lebih spesifik.

Dari perencanaan konten dengan tema-tema yang spesifik inilah kita dari awal sudah bisa meraba-raba potensi audiens yang ada. Misal, untuk materi tulisan yang diunggah di website, dari pilihan kata kunci dari tema terkait sudah bisa diketahui seberapa besar potensi pembacanya yang bisa kita dapatkan dari mesin pencari semacam Google kalau website tersebut sudah dikembangkan dengan prinsip SEO friendly.

Terakhir, hal penting yang ada dalam perencanaan editorial adalah alokasi anggaran dan timeline. Di media sosial, pilihan waktu kapan sebuah isu ditampilkan ke publik menjadi hal yang krusial. Waktu terbaik tersebut bisa diketahui dari analisis data yang bisa didapat dari insight media yang kita gunakan. Google Analytics, Facebook, Instagram, Youtube sudah menyediakan semua data tersebut.

Sekali lagi, muara dari semua proses editorial adalah seberapa besar jumlah audiens yang bisa kita capai. Namun, hal ini baru bisa dicapai kalau berawal dari perencanaan editorial yang baik