Bisnis Taksi Modern Menggiurkan

by : Andy Tinggogoy


Posted on January 16, 2017 12:00 PM
Bagikan melalui :


Industri taksi modern dari mengubah konsep Business to Consumer menjadi Consumer to Consumer, menjadi sangat menggiurkan..

Kota-kota besar di seluruh dunia tak akan pernah lepas dari taksi. Transportasi berbayar tersebut menjadi bagian penting dari sistem transportasi. Sebagai solusi yang efektif untuk bepergian di dan sekitar kota tanpa harus berdesakan di kendaraan umum, namun tidak perlu memikirkan tempat parkir pada saat sampai di tujuan. Bahkan pertumbuhan jumlah pengguna taksi tidak bisa diikuti dengan pertumbuhan taksi itu sendiri.

Seiring dengan perkembangan dunia ITE, taksi kini tak hanya dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan besar saja melainkan oleh individu pemilik kendaraan itu sendiri. Hal ini merupakan trend dunia yang juga terjadi di negara kita; dimana kelas menengah perkotaan semakin lebih memilih untuk menggunakan jasa taksi.

Terlepas dari isu kepercayaan terhadap beberapa operator taksi,  kehadiran taksi online melalui aplikasi mobile merupakan jawaban terhadap demand di kelas menengah. Di sisi lain, hal ini merupakan ancaman bagi perusahaan operator taksi yang sudah lama berkecimpung di bidang ini. Sebagai wujud bisnis modern dari konsumen ke konsumen, memangkas biaya-biaya serta proses yang dimiliki oleh perusahaan taksi.

Di sisi lain, perusahaan taksi ber-argo konvensional terus berbenah diri. Mereka mencoba mengejar ketinggalan dengan taksi online. Dari pengembangan aplikasi hingga traking armada yang lebih akurat. Sayangnya, hal tersebut tetap tidak mampu membendung arus pertumbuhan taksi online tersebut.

Walau dengan berbagai pro dan kontra yang terjadi serta serangkaian aturan yang dikeluarkan pemerintah untuk menjaga tatanan operasional taksi-taksi online, tak mampu membendung derasnya pertumbuhan pengemudi taksi maupun konsumen online. Hal ini secara langsung turut mendorong industry otomotif yang pada 2016 lalu “sesak napas”.

Nah disinilah hal ini menjadi menarik. Baik UBER maupun Grab sama-sama menawarkan kepada semua pemilik mobil maupun mereka yang ingin memiliki mobil. Bagi pemilik mobil dapat mendayagunakan kendaraan mereka untuk mengkonversinya menjadi uang. Dan bagi mereka yang belum memiliki kendaraan, ini adalah kesempatan untuk memiliki mobil secara kredit, dengan solusi pembayaran yang pasti, selama rajin mencari penumpang tentu saja.

 

Foto: Toyota Astra Motor

 

Mobil Ideal Untuk Taksi Online

Apa saja mobil-mobil yang biasa dimiliki untuk ikutan taksi online? Berikut list kendararaan yang memiliki value for money terbaik untuk dijadikan taksi online. Pertimbangan yang dilakukan berdasarkan harga, daya angkut, efisiensi serta serta durabilitas.

Namun yang perlu diingat, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016, Pasal 18 Ayat 2 Huruf “g”, tentang Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, menyebutkan bahwa kendaraan sewa angkutan orang harus menggunakan mobil penumpang mesin minimal berkapasitas 1.300 cc.

Toyota:

  1. Avanza Transmover
  2. Limo (Vios Ekonomis)

Daihatsu:

  1. Xenia
  2. Sirion
  3. Luxio/Grandmax

Honda :

  1. Mobilio

Suzuki:

  1. Ertiga
  2. APV

Nissan :

  1. Grand Livina
  2. Evalia