Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat

by : Grid


Posted on April 05, 2018 09:00 AM
Bagikan melalui :


Memilih kata kunci yang tepat merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat artikel di era digital. Kebiasaan lama, seperti riset, buru-buru menghubungi narasumber, sekarang bisa dinomorduakan dulu!

Mengapa memilih kata kunci krusial? Untuk bisa dibaca netizen, membuat artikel berkualitas saja belumlah cukup. Artikel harus mudah ditemukan dulu di antara ribuan artikel yang ada di internet. Caranya lewat informasi yang singgah di halaman-halaman media sosial, bisa juga berburu lewat mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo.

Mengetik kata kunci di mesin pencari dilakukan netizen untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Relasi yang kuat antara artikel yang dibuat dengan kata kunci membuat artikel tersebut lebih mudah untuk ditemukan.

Karena itu, sebelum menyusun artikel, memilih kata kunci yang tepat, terutama yang paling populer, untuk kemudian dimasukkan ke dalam artikel menjadi syarat supaya tulisan yang dibuat lebih mudah dikenali oleh mesin pencari seperti Google.

Untuk mengetahui apa kata kunci yang paling banyak digunakan netizen caranya mudah. Ada beragam layanan analisa kata kunci online yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah KWFinder

Contohnya, saat akan membuat artikel tentang “Mendidik Anak”, kita tinggal mengetikkan kata kunci tersebut ke kolom yang sudah disediakan di laman tersebut. Tinggal klik ke tombol Find Keywords akan muncul beragam pilihan kata kunci yang memuat kata “Mendidik Anak” berikut dengan jumlah pencarian di mesin pencari.

Dalam kasus ini, kata kunci “cara mendidik anak” paling banyak digunakan untuk mencari informasi seputar pendidikan anak. Jumlahnya mencapai 4.400 pencarian. Kata kunci “mendidik anak” justru hanya digunakan untuk 1.900 pencarian. Bahkan, kata kunci “tips mendidik anak” yang punya pengertian yang sama dengan kata kunci “cara mendidik anak” hanya dipakai untuk 320 pencarian.

Dengan cara seperti ini, kesalahan memilih kata kunci yang tepat untuk artikel bisa dihindari.