Data Itu Penting, Tapi 70% Marketer Masih Mengabaikan

by : Grid


Posted on August 09, 2018 16:00 PM
Bagikan melalui :


Di platform media digital, seluruh media terhubung. Data aktivitas dengan segala kebiasaannya pun terekam dan transparan. Anda tak boleh mengabaikannya. Karena data itu Penting.

Sekarang ini, siapa pun, dapat mengakses data yang diperlukan untuk melihat performa aktivitas content marketing yang Anda lakukan. Sebagai pengelola owned media,  Anda memang bisa melihat data dalam rincian yang lebih cepat dan rinci karena punya akses lengkap. Namun, orang lain pun juga dapat mengintip performa tersebut.  

Ada banyak tools yang membantu untuk melakukan pengamatan data. Dari yang gratisan sampai berbayar. Sebagai pemegang kendali dan akses atas asset media yang Anda miliki, selayaknya Anda tidak boleh abai.

Untuk website tersedia tool seperti Google Analytics atau Google Webmaster Tool yang bisa kita pakai untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mengetahui seperti apa performa website kita. Mulai dari jumlah pengunjung, sumber, alat yang dipakai, umur, sampai berapa lama pengunjung itu membaca posting artikel di website tersebut. Semua itu sudah tersaji dengan lengkap, terstruktur, akurat.

Untuk media sosial, yang menjadi salah satu saluran dalam content marketing alat analisis juga ada. Facebook memiliki layanan Facebook Insight. Instagram punya Instagram Insight. Pun demikian untuk Twitter dan Youtube.

Peduli dengan data statistik adalah awal keberhasilan dalam strategi content marketing. Dalam praktik saat ini, 90% marketer sudah menerapkan content marketing. Namun, 70% dari jumlah itu masih belum memanfaatkan data statistik secara konsisten.

Padahal, dengan biaya content marketing 62% lebih rendah dibanding  pemasaran konvensional, hasilnya bisa meningkat tiga kali lipat. Tingkat konversi dari strategi content marketing di era digital enam kali lebih tinggi dibanding metode lama.

Jadi, mari peduli data. Gunakan sebagai alat bantu untuk menyusun strategi content marketing yang lebih berhasil.