Indonesia Content Marketing Forum 2019: Revolve

by : Grid


Posted on March 26, 2019 12:00 PM
Bagikan melalui :


Bagi para marketeer, perkembangan strategi pemasaran dan perubahan audiens dalam mengonsumsi informasi yang begitu cepat menjadi isu yang perlu mendapat perhatian. Pelaku pemasaran dan komunikasi berlomba-lomba untuk menyusun strategi yang kreatif dan mengimplementasikannya agar dapat berinteraksi dengan target audiensnya secara optimal.

Indonesia Content Marketing Forum (ICMF) : Revolve akan digelar pada Rabu, 27 Maret 2019. Acara yang akan diadakan di Ballroom Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta akan menyajikan bahasan yang inspiratif dan edukatif dari para pelaku content marketing. Revolve menjadi tema yang diangkat pada tahun ini. Bagaimana pelaku pemasaran dan komunikasi dapat beradaptasi terhadap perubahan dengan membuat konten yang kreatif menjadi tema yang dibahas selama diskusi.

 Di ICMF terdapat 6 sesi diskusi bersama dengan para profesional yaitu Janet Choo (Director of Client Management & Social GrowthJAPAC - Socialbakers) akan memberikan insight yang berkaitan dengan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sosial media, juga hadir Suryo Hapsoro (Senior Content Marketing IFlix) dan Sara Herfina Krismayanto (Corporate Marketing Strategy Manager JD.ID) yang akan berbagi pengalaman dalam memanfaatkan influencer marketing.

 Pembicaraan lain yang turut akan hadir di ICMF 2019 adalah Raditya Beer (Senior Brand Manager AXE – Unilever Indonesia), Sheila Timothy (COO Lifelike Pictures), Nufransa Wira Sakti (Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan RI), Fikri Irvandi (Content Marketing Specialist Brodo) dan Harimula Muharam (Head of Marketing Division Eiger).

 ”Tujuan diselenggarakannya forum ICMF 2019, kami ingin mewujudkan visi untuk membangun ekosistem content marketing di Indonesia. Harapan kami dari gelaran ICMF 2019, pelaku kreatif dan bersama pelaku industri bisa saling mendukung untuk menjawab tantangan kebutuhan konten audiens saat ini,” terang Chairman ICMF, Reiza Maspaitella.

 Sebagai pihak penyelenggara, Grid Story Factory dan Grid Voice – agensi content marketing dan influencer marketing yang menjadi bagian dari Kelompok Kompas Gramedia –  juga akan memberikan penghargaan terhadap brand/institusi di Indonesia dalam kemasan acara Indonesia Content Marketing Awards (ICMA) 2019. ICMA 2019 menjadi tahun kedua bagi penyelenggara untuk memberikan apresiasi kepada pelaku marketing dan komunikasi dari berbagai industri di Indonesia yang telah berhasil dalam mengimplementasikan content marketing selama tahun 2018.

 

Kategori dalam ICMA 2019

 Ajang  ICMA 2019 terdiri dari tiga kelompok.  Yang pertama, kelompok “Owned Media”, kedua adalah “Influencer Marketing” dan ketiga kelompok “In-house Magazine”. Kelompok Owned Media merupakan kategori penghargaan untuk brand yang telah sukses menerapkan strategi content marketing dengan menggunakan aset digital (website dan media sosial). Influencer Marketing adalah kategori penghargaan untuk implementasi strategi campaign yang melibatkan influencer. Dan In-House Magazine adalah kategori penghargaan untuk pemanfaatan media internal suatu brand atau perusahaan sebagai strategi komunikasinya.

 “Owned Media” adalah penghargaan atas brand yang terlingkup dalam 9 kategori. Mulai dari kategori industri Food & Beverage, Finance sampai Government.  Sedangkan untuk kategori influencer marketing terdiri dari dua (2) kategori yaitu Private Sector dan Government & State Owned Enterprises. Dan untuk kategori “In-House Magazine” terdiri dari tiga (3) yaitu Private Sector, Government dan State Owned Enterprises. Dari seluruh peserta yang masuk dalam daftar nominasi, akan diumumkan brand terbaik yang berhak menyandang predikat “The Best Content Marketing Implementation of The Year”.

 Sementara untuk “Special Award” penghargaan diberikan dalam enam kategori, yaitu “The Best Use of Brand Website”, “The Best Use of Facebook”, “The Best Use of Instagram”, “The Best Use of Youtube”, “The Best Influencer Marketing Strategy” dan “The Best Creative Content in Influencer Marketing Implementation”.

 Proses seleksi ICMA 2019 meliputi 3 tahap. Tahap pertama melalui proses online submission selama bulan Desember 2018 – Januari 2019.  Dari proses seleksi ini, panitia menerima lebih dari 80 proposal untuk ketiga kategori.  Tahapan kedua yaitu penilaian performa dengan menggunakan berbagai analytic tools seperti Socialbakers, Similarweb, Seoptimer, dan Brand24.

 Setelah melakukan penilaian terhadap performa aset digital, masuk ke tahap ketiga yaitu penilaian secara kualitatif.  Untuk kategori Owned Media dan Influencer Marketing yang dinilai adalah strategi, implementasi, dan result, sedangkan untuk ketegori Inhouse Magazine berupa penilaian atas kualitas design viusal dan isi. Para juri ICMA 2019 meliputi Andi Sadha (Chairman APMF), Dennis Adhiswara (CEO Layaria Network), Abang Edwin (Founder Bangwin Consulting), Wicaksono (Former Chief Editor Beritagar.id), Dian Gemiano (CMO KG Media), Indira Dhian.S (Editor in Chief NOVA), Eddy Suhardy  (Senior Journalist), Vaksiandra Nuryadi  (Lead & Strategy Specialist Grid Story Factory) dan Yuliandi Kusuma yang bertindak sebagai Head Judge sekaligus Chairman of ICMA.

 “Pada intinya brand itu semakin sadar pada konten-konten yang disukai dan diinginkan oleh audience. Eksplorasi kreatifitas mereka semakin dalam, karena berdasarkan pada observasi mendalam dari audience-nya. Sehingga, brand-brand tersebut mampu menarik engagement yang sangat intens di kalangan audiens-nya. Tidak hanya dalam jangkwa waktu pendek tapi juga untuk durasi yang lebih panjang. ” jelas Yuliandi Kusuma, Chairman ICMA 2019 yang juga merangkap sebagai Head Judge.

 Perhelatan rangkaian Indonesia Content Marketing Forum 2019 mendapat sambutan antusias. Bukan hanya dari kalangan marketer atau institusi pengelola brand, namun juga dari institusi pemerintah, BUMN bahkan lembaga tinggi negara. Tak kurang dari 700 peserta akan hadir di Ballroom Djakarta Theater, Rabu 27 Maret 2019 mendatang. Informasi selengkapnya tentang Indonesia Content Marketing Forum 2019 bisa dilihat pada www.icmf.co.id.