Jangan Abaikan 4 Hal ini dalam Membangun SEO

by : Grid


Posted on May 28, 2018 14:00 PM
Bagikan melalui :


Untuk jangka panjang, membangun SEO untuk optimasi website supaya informasinya mudah ditemukan pada mesin pencari sangat penting. Mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, serta media sosial memang menjadi sumber datangnya pengunjung ke sebuah website yang dikelola dengan baik.

Informasi yang diunggah ke dalam website padahal sudah menarik, inspiratif buat netizen, sayang sekali kalau tidak mudah ditemukan, bukan?

Supaya informasi tersebut dapat dijangkau oleh netizen, website dan tulisan yang diunggah harus dapat tampil di halaman pertama dari mesin pencari. Usaha untuk bisa membuat informasi tersebut tampil terdepan itulah yang dimaksud dengan membangun SEO (Search Engine Optimization) untuk website.

 Prosesnya tidak bisa instant, tapi dalam jangka panjang cara ini bisa menjadi sumber kunjungan yang masif ke sebuah website. Syaratnya, strateginya harus tepat dan dilakukan secara kontinyu.

 Supaya proses tersebut tidak sia-sia, ada 4 hal yang tidak boleh diabaikan dalam mengembangkan SEO untuk website.

 1. Riset Kata Kunci

Ada banyak sarana yang bisa dipakai untuk riset kata kunci dari yang gratis sampai yang berbayar. Layanan seperti Keyword Revealer, KW FinderKeyword Tool, sampai Google Suggestion dapat dimanfaatkan untuk mencari kata kunci apa yang paling tepat untuk digunakan berikut berapa banyak jumlah kata kunci tersebut digunakan dalam sebulan di mesin pencari.

 2. Pilihan Kata Kunci

Pilihan kata yang tepat punya pengaruh besar mudah tidaknya informasi ditemukan. Tulisan dengan kata “tips” jumlah pencariannya jauh lebih sedikit dibanding tulisan yang menggunakan kata “cara”.  

 Selain itu, memilih kata kunci yang terdiri dari tiga kata, walaupun jumlah pencariannya lebih sedikit, tingkat persaingannya lebih rendah disbanding kata kunci dengan dua kata. Untuk jangka pendek, mengutamakan pemilihan kata kunci yang terdiri dari tiga kata pun lebih disarankan dibanding penggunaan kata kunci yang terdiri dari dua kata.

 3. Penempatan Kata Kunci

Idealnya, supaya optimal di mesin pencari kata kunci dijadikan nama domain. Tapi untuk website yang dinamis, yang banyak menggunggah artikel ke dalamnya, kata kunci wajib dimasukkan ke dalam judul, paragraph pembuka, dan bodi artikel.

 4. Perbanyak Memasang Backlink

Hal yang tidak boleh diabaikan supaya laman web bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari adalah meningkatkan peringkat atau kepangkatan dari website, istilahnya dikenal dengan Domain Authority (DA). Salah satu alat yang bisa dipakai untuk mengukurnya berupa plug-in yang dipasang web browser yang diproduksi oleh MozBar.  

 Domain Authority sebuah website bisa meningkat kalau banyak memasang tautan atau backlink ke website lain. Idealnya, untuk mendongkrak nilai DA, backlink dipasang ke website yang punya nilai DA jauh lebih tinggi. Ada banyak cara untuk memasang backlink ke laman lain. Dapat dengan mengunggah artikel ke website lain atau hanya sekedar memberikan komentar.

 

 

Tag :   seo   keyword   tips