Pameran Masih Menjadi Strategi Ampuh Gaet Konsumen

by : Risson Ramadhani


Posted on January 18, 2017 17:00 PM
Bagikan melalui :


Pameran tak lagi sekadar ‘etalase’. Tapi sudah menjadi ajang transaksi dan dianggap sebagai sarana ‘rekreasi’. Dan yang tak boleh dilupakan, optimalisasi asset digital juga sangat penting untuk membantu mengomunikasikan program dan produk, serta memberikan kemudahan bagi calon konsumen.

Baik dealer maupun calon konsumen, tentu sudah sama-sama paham jika proses sebelum transaksi jual-beli kendaraan bermotor, tidak semudah membalik telapak tangan. Buat calon konsumen, setelah menetapkan budget dan menentukan pilihan model (MPV, SUV, hatchback, dan sebagainya), tak lantas membuatnya akan langsung membeli produk A atau B.

Ya, setidaknya masih ada ada dua proses lagi yang dibutuhkan calon konsumen sebelum memutuskan produk dari brand apa yang akan mengisi garasi rumah. Pertama adalah referensi. Dan yang kedua adalah pameran sekaligus sesi test drive.  

Berbicara referensi, di sinilah fungsi media (khususnya media otomotif, baik media cetak, maupun online) mengambil peran penting. Bukan advertising berupa display ad ataupun advertorial yang akan dijadikan pedoman oleh calon konsumen. Tetapi independensi, pengujian komprehensif, serta data-data yang (mendekati) akurat yang akan dijadikan patokan. Selain media, referensi dari teman ataupun komunitas juga layak dipertimbangkan.    

Setelah mendapatkan referensi, proses yang harus dijalani adalah melakukan test drive. Kalau punya dua atau tiga pilihan kendaraan yang diincar, sebaiknya coba semuanya secara langsung. Dengan kata lain, harus melakukan test drive. Memang cukup merepotkan, karena harus mengunjungi beberapa dealer untuk mengetahui keunggulan maupun kekurangan komparatif.

Potensi itu harus segera diantisipasi secara aktif oleh Agen Pemegang Merek (APM) maupun dealer. Salah satunya dengan menggelar atau mengikuti pameran sekaligus sesi test drive, agar calon konsumen tidak perlu repot mengunjungi dealer.

Asyiknya, pameran bisa juga diartikan dengan ‘banyak program dan diskon besar’. Karena APM maupun dealer peserta pameran (biasanya) akan bekerja sama dengan lembaga pembiayaan atau bank, untuk menawarkan program-program khusus. Mulai dari keringanan bunga, tenor, sampai besaran angsuran. Oh ya, manfaatkan juga ajang pameran akbar seperti Indonesia International Motor Show yang bakal digelar 27 April hingga 7 Mei 2017 nanti, di JIExpo Kemayoran, untuk mendapatkan program pembelian dan diskon menarik.

Sumber: Media Relations Dyandra Promosindo

Saat ini, pameran tak lagi sekadar ‘etalase’ bagi  sebuah produk. tapi sudah menjadi ajang transaksi. Apalagi masyarakat sudah menganggap pameran identik dengan sarana rekreasi bagi keluarga. Tapi untuk APM maupun dealer, pameran selalu dapat memberikan kontribusi besar bagi penjualan. Karena, tidak semua calon konsumen dan keluarganya bisa meluangkan waktu mengunjungi dealer. Baik itu untuk melakukan transaksi pembelian, maupun hanya sekadar test drive.

Selain itu, APM maupun dealer juga sudah memanfaatkan asset digital yang mereka miliki untuk mengomunikasikan program, dan memasarkan produk unggulan. Silakan coba ‘intip’ website salah satu APM besar di Indonesia, Selain informasi produk beserta simulasi kreditnya, banyak juga program-program penjualan hingga kegiatan Corporate Social Responsibility. Tak hanya itu, umumnya di website itu sudah ada tautan ataupun konten review produk dari media-media (cetak maupun online) terkemuka.

Strategi ‘jemput bola’ juga mulai banyak diaplikasi pada asset digital, khususnya website.  Untuk memberikan kemudahan bagi calon konsumen, di banyak website sudah disediakan kanal/menu untuk mendaftar test drive. Cukup mengisi data base lengkap, kemudian sistem akan langsung menjadwalkan kapan sales man beserta unit test drive-nya akan datang ke rumah. Dengan begitu, calon konsumen tidak perlu repot bermacet-macet ria untuk mengunjungi dealer.