BLOG

Yuk Ukur ROI Content Marketing!

by : Haekal


Posted on December 16, 2016 15:00 PM



Peter Drucker, pakar manajemen pernah berujar, “Apa yang bisa diukur, bisa dikendalikan”. Di tengah kegandrungan praktik content marketing, para marketer sering bingung menentukan cara mengukur ROI (Return on Investment) content marketing. Ya, kita bisa bilang kalau content marketing meningkatkan jumlah kunjungan ke website. Kita juga bisa lihat bagaimana content marketing berwujud pada matriks engagement.

Tapi di luar itu semua, kita masih belum bisa menghubungkan antusiasme kita pada sesuatu yang benar-benar “nyata”. Kita belum bisa benar-benar yakin bagaimana kegiatan content Lanjutkan membaca...


Menulis dengan Gaya Storytelling

by : Eddy Suhardy


Posted on December 08, 2016 15:00 PM



Dalam dunia tulis menulis – berkaitan dengan media massa – ada satu gaya yang disebut sebagai feature (tulisan khas). Sebuah feature disajikan selayaknya sebuah cerita. Penulisnya bertindak sebagai seorang pencerita (storyteller).

Dibandingkan dengan penulisan piramida terbalik yang kebanyakan dipakai pada tulisan berita keras atau berita lempang (hardnews, straight news), penulis feature memiliki kebebasan (subjektif) dalam Lanjutkan membaca...


Bagaimana Story Telling yang Kuat Mampu Melahirkan Superhero Baru

by : Kama Adritya


Posted on December 08, 2016 10:00 AM



Salah satu tantangan dalam membuat sebuah tokoh atau karakter adalah bagaimana kita dapat membuat orang tertarik terhadap apa yang terjadi pada hidup karakter tersebut. Terlebih lagi pada karakter fiktif yang notabene tidak memiliki riwayat hidup yang nyata. Di sinilah pentingnya sebuah Storytelling dalam melahirkan karakter.

Hal tersebut terpampang nyata ketika kita melihat apa yang dilakukan oleh Marvel Comics sebagai ‘pabrik’-nya pencipta karakter-karakter komik. Entah sudah ada ribuan karakter Lanjutkan membaca...


Kiat Jitu Mengoptimalkan Konten Digital

by : Rakhmat Kusnadi


Posted on December 06, 2016 18:00 PM



Peralihan medium analog ke digital, memacu para pembuat konten untuk memiliki strategi jitu dalam mengoptimalkan konten yang dibuatnya. Konten tidak sekadar menarik untuk disimak, tetapi juga harus dilengkapi dengan berbagai pendekatan atas medium digital.

Saat pertama belajar menulis kreatif pada akhir dekade ‘90-an, saya harus benar-benar memahami struktur dan gaya bahasa untuk menguatkan tulisan tersebut. Jika tulisan yang saya buat dapat Lanjutkan membaca...


Kiat Memaksimalkan Traffic dengan Media Sosial

by : Junior Respati Eka Putro


Posted on December 05, 2016 17:00 PM



Semua orang pasti ingin memiliki web dengan traffic tinggi. Segala cara pun ditempuh. Mulai dari memperbaiki SEO, meningkatkan kualitas konten, hingga mencari kanal distribusi yang pas untuk menarik traffic.

Bicara kanal distribusi, media sosial bisa menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan traffic. Sifatnya yang sosial menjadikan media sosial sebagai alat yang tepat untuk mengenalkan konten-konten Lanjutkan membaca...


5 Tren Content Marketing yang Perlu Diperhatikan di 2017

by : Junior Respati Eka Putro


Posted on November 25, 2016 14:20 PM



Beberapa tahun terakhir, content marketing kian menjadi idaman para pelaku dunia pemasaran. Konon, karena teknik ini bisa membuat investasi menjadi lebih efektif dan efisien. Bila Anda tertarik untuk terjun ke dalamnya, jangan sampai luput mengikuti tren yang geraknya sangat cepat.

Ini serius! Dalam content marketing, selalu saja ada tren baru yang muncul setiap tahunnya. Biasanya, pemunculannya diakibatkan oleh teknologi yang berkembang cepat dan melahirkan cara baru dalam Lanjutkan membaca...


Cerita Menggerakkan Orang untuk Beraksi

by : Rakhmat Kusnadi


Posted on November 25, 2016 12:00 PM



Setiap ada peristiwa, satu per satu tulisan dan foto langsung menjadi viral di media sosial. Tak ayal, siapa pun yang tergugah hatinya akan langsung menekan tombol “share”. Begitu juga dengan video dan cerita-cerita lucu.

Ilustrasi di atas cukup menggambarkan bahwa kekuatan sebuah konten dapat menimbulkan rasa antusias yang tinggi. Di media sosial misalnya, cerita-cerita sedih dan menyentuh akan sangat mudah untuk Lanjutkan membaca...


Ada 6 Cara untuk Menarik Perhatian lewat Konten

by : Rakhmat Kusnadi


Posted on November 25, 2016 11:00 AM



Istilah BYOD mungkin tidak asing buat Anda. Tetapi buat yang belum akrab, istilah ini adalah akronim dari “Bring Your Own Device”. Lalu apa hubungannya BYOD dengan viral marketing?

Laptop, smartphone atau tablet barangkali semua orang sudah punya. Dengan bantuan peranti itu  orang mengelola pekerjaan.  Atau bagi pelajar, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga, Lanjutkan membaca...


Menulis Itu Gampang: Pakai Saja Piramida Terbalik

by : Eddy Suhardy


Posted on November 25, 2016 09:15 AM



Membuat tulisan dengan bantuan outline adalah cara yang paling mudah. Kalau sudah mulai lancar kita bisa menjajal struktur Piramida Terbalik. Apakah itu?

Logikanya dalam struktur bangunan – termasuk piramid – bagian bawah adalah fondasi. Fondasi adalah bagian paling penting. Fondasi menyangga bagian bangunan di atasnya.
Lanjutkan membaca...


Menulis Itu Gampang: Inilah Cara Menulis Termudah yang Bisa Anda Terapkan

by : Eddy Suhardy


Posted on November 25, 2016 09:05 AM



Betul. Menulis itu gampang. Semua orang yang sudah belajar tulis-baca ya pasti bisa menulis.  Ah! Becanda?  Sudahlah,  mari kita coba saja.

Kalau ada yang merasa bahwa menulis itu agak susah, mungkin itu dalam konteks menulis artikel. Dibilang “agak susah” karena biasanya buat yang tak terbiasa kadang bingung ingin Lanjutkan membaca...



Top