13
Apr
Salah satu hal indah dalam dunia digital adalah: semua serba bisa diukur. Termasuk soal keberhasilan konten. Apa tolok ukurnya? Mari segarkan kembali ingatan Anda.
Roh dalam content marketing sudah pasti terletak di konten. Konten, bentuknya bisa macam-macam. Artikel, foto, infografis, hingga video. Bila kontennya bekerja dengan bagus, maka audiens akan melongok dan mengonsumsi. Audiens yang terjaring karena konten adalah konsumen potensial.
Berhasil atau tidak, ada alat ukur yang bisa membantu. Jika Anda memiliki web, pasti tidaklah asing dengan tools seperti Google Analytic.
Ada banyak parameter di dalam sebuah tools. Satu parameter dengan parameter lainnya saling berhubungan. Untuk menarik sebuah kesimpulan komprehensif, butuh membaca semua data.
Ada beberapa parameter penting yang bisa menjadi panduan cepat untuk mengukur keberhasilan konten. Antara lain:
- Website Traffic. Konten yang berhasil akan mendatangkan trafik dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Ketika isi konten kita sesuai dengan ekspektasi dari target audiens, maka audiens akan melakukan engagement terhadap konten kita. Bahkan bukan tidak mungkin bisa mendatangkan lebih banyak trafik lagi.
- Bertumbuhnya Subscriber. Kalau kita menggunakan email sebagai sarana marketing, maka jumlah pendaftar (subscriber) yang terus bertambah menjadi indikator yang perlu disimak. Jika sajian rata-rata konten menarik, maka audiens tidak ingin melewatkan konten terbaru dari kita.
- Peringkat di Search Engine. Ketika website kita bisa tampil di halaman satu mesin pencari, maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Karena SEO yang efektif, karena pemakaian ads, dan boleh jadi, berkat konten yang sesuai dengan pencarian.
Jika terjadi karena konten yang sesuai, itu menandakan bahwa kita telah membuat konten yang baik karena berhasil menjadi salah satu hasil yang paling berkorelasi dengan keyword yang dicari.
- Average Time on Site. Google Analytics kini menggunakan istilah Average Session Duration. Sementara Similar Web memakai istilah Average Visit Duration. Intinya hampir sama. Konten yang baik akan memancing dan menimbulkan minat membaca. Jika audiens membaca, otomatis mereka akan menghabiskan waktu lebih lama setiap kali berkunjung. Jika Average Time on Site tinggi, silahkan periksa, di konten yang mana durasi panjang itu terjadi. Anda bisa menciptakan konten sejenis atau setidaknya menemukan pola umum yang terjadi.
- Social Media Followers. Jumlah follower yang terus bertambah menandakan bahwa konten kita menarik. Keinginan untuk follow menjadi tanda bahwa mereka menyukai. Jika hal ini konsisten dilakukan, maka mereka akan setia menikmati setiap informasi yang diberikan.
- Social Media Shares. Salah satu indikasi kuat bahwa konten kita menarik bagi audiens adalah banyaknya jumlah share. Audiens yang merasa bahwa konten kita menarik dan sesuai dengan ekspektasi, tentu akan membagikan konten tersebut ke teman-temannya. Atau, setidaknya, membagikan informasi via tersebut di lini masa di akun media sosial.
- Inbound Link dan Domain Authority. Backlink, atau Inbound Link, bisa menjadi tolak ukur keberhasilan konten. Dengan banyaknya jumlah backlink ke website kita terhadap suatu konten, maka domain authority-nya pun juga akan meningkat. Hal ini juga memberi pengaruh terhadap page rank dari website kala audiens mencari di mesin pencari.
- Feedback. Konten yang bagus menurut audiens, akan mengundang banyak interaksi. Misal, dalam bentuk komentar. Interaksi seperti ini merupakan indikasi bahwa konten yang kita buat berhasil menuai respons. Insight atas hal ini berharga dalam kaitannya dengan optimalisasi konten yang akan dibuat pada kesempatan berikutnya.
29
Dec
Pernahkah kita merasa kehilangan arah dalam bisnis online? Konten menjadi kunci utama untuk mengembangkan bisnis di era digital. Tanpa konten, bisnis mungkin akan tenggelam dalam samudra informasi yang begitu padat.
27
Dec
Pertumbuhan bisnis tak terlepas dari pengembangan produk yang terus menerus. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, strategi diversifikasi menjadi kunci untuk meraih keunggulan. Apa sajakah jenis-jenis diversifikasi produk yang dapat membuat produk semakin beragam dan kompetitif? Mari kita telusuri bersama.
21
Dec
Tahukah Kamu? Di era digital ini, media sosial dan iklan menjadi jendela utama bagi sebuah bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, bagaimana kita bisa memastikan bahwa pesan yang disampaikan tidak hanya terdengar, tetapi juga membentuk citra positif yang tak terlupakan? Mari kita kupas lebih dalam tentang strategi membangun citra merek melalui brand communication yang unik.
18
Dec
Dulu, pemasaran hanya sebatas iklan di koran dan pesan langsung ke konsumen. Tapi, seperti kisah epik zaman modern, perjalanan pemasaran mengalami transformasi luar biasa. Dari Marketing 1.0 yang sederhana hingga Marketing 6.0 yang futuristik, setiap babak menandai evolusi bisnis mengikuti perubahan zaman. Ikuti jejak perjalanan konsep pemasaran dari dunia konvensional hingga era digital yang inovatif.
17
Dec
Dalam merayakan delapan tahun perjalanan yang gemilang, Shopee merayakannya dengan gemerlapnya kampanye 12.12 Birthday Sale. Sebuah perayaan yang bukan hanya sekedar pesta belanja, melainkan sebuah tonggak sejarah bagi ekosistem bisnis lokal. Dalam perayaan yang berlangsung, Shopee memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan UMKM dan brand lokal di Indonesia.
13
Dec
Dalam dunia bisnis yang penuh gejolak, ada kekuatan tak terlihat yang mampu mengangkat sebuah merek dari hiruk pikuk persaingan menjadi raja di hati konsumen. Di balik setiap produk atau layanan yang sukses, terdapat sebuah kisah yang menghidupkan brand equity—suatu kekayaan tak terlihat yang melampaui angka-angka dan grafik. Mari kita telusuri bagaimana brand equity tidak hanya menciptakan merek yang kuat tetapi juga merajut hubungan tak terlupakan dengan pelanggan.
Menara Kompas
18th Floor, Palmerah Selatan
No. 21, Tanah Abang
Jakarta Pusat 10270
Email: contact @grid.co.id
Phone: +6221 53650110/11